MEMBANGUN KOMITMEN & SINERGITAS OPD DALAM MENINGKATKAN IKLIM INVESTASI DI KOTA BLITAR

MEMBANGUN KOMITMEN & SINERGITAS OPD  DALAM MENINGKATKAN IKLIM INVESTASI DI KOTA BLITAR

 

Bertempat di Ruang Pertemuan SASANA PRAJA Kantor Walikota Blitar, pada Hari Selasa 11 Desember 2018 dilaksanakan SOSIALISASI PP 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik dan PERPRES 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Dengan tema “MEMBANGUN KOMITMEN & SINERGITAS OPD DALAM MENINGKATKAN IKLIM INVESTASI DI KOTA BLITAR” Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar menghadirkan 2 narasumber yang sangat berkompeten yaitu :

  1. Ibu Ruth Mutia Silalahi, Kasubdit Kerjasama Pemantauan Perizinan& Non Perizinan Penanaman Modal Daerah BKPM RI
  2. Bapak Agus Salim Arif, Kasi Pemberdayaan Usaha Daerah & Fasilitasi Kerjasama Dunia Usaha DPMPTSP Provinsi Jawa Timur.

 Acara sosialisasi yang dibuka oleh Bapak Drs. SANTOSO, MPd Wakil Walikota Blitar ini dihadiri sekitar 75 orang yang berasal dari kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Blitar beserta anggota Tim Teknis Perizinan dari bebrapa OPD. Beberapa catatan strategis yang menjadi poin penting dalam membangun komitmen dan sinergitas OPD sehingga mampu meningkatkan layanan perizinan berusaha melalui OSS (Online Single Submission) dalam meningkatkan iklim investasi di Kota Blitar antara lain :

  1. Mapping, gali dan tingkatkan potensi unggulan daerah yang mampu menjadi DAYA TARIK INVESTASI seperti : aman-mudah-nyaman-pasti; sikap & budaya masyarakat nya;
  2. INGAT GAUNG OSS, ada Insentif dan Desinsentif melalui DID (Dana Insentif Daerah) Meningkatkan KOMITMEN pimpinan daerah dan kepala OPD dalam mengawal DPM NAKER & PTSP memberikan layanan perizinan berusaha melalui OSS; dan
  3. Peran Aktif OPD Teknis dalam memantau, evaluasi dan memberikan tindaklanjut komitmen atas jenis izin sistem OSS, karena sudah ada 15 K/L yang menerbitkan NSPK (Norma, Standar, Prosedur & Kriteria) sebagai pedoman teknis layanan perizinan berusaha dalam Sistem OSS.

Pada bagian akhir dari acara ini, kedua narasumber sepakat memberikan beberapa trik untuk menarik dan mendatangkan investasi ke daerah minimal ada 5 (lima) yang harus dijalankan pemda yaitu :

  1. Komitmen, mulai dari pimpinan daerah, OPD sampai pelaksana teknis DPM NAKER & PTSP;
  2. Kerja Satgas Percepatan Berusaha;
  3. Pengembangan sector unggulan daerah;
  4. Inovatif dan Fokus, sasaran mana yang akan digarap sebagai sector unggulan; dan
  5. Promosi & Kerjasama.

DInas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan terpadu satu pintu

Post Terkait

Tinggalkan Komentar