Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Berbagai Perizinan, Dinas Penanaman Modal-Tenaga Kerja Dan PTSP Gencar Adakan Sosialisasi

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Berbagai Perizinan, Dinas Penanaman Modal-Tenaga Kerja Dan PTSP Gencar Adakan Sosialisasi
BLITAR - Tahun 2017 ini Pemkot Blitar melalui Dinas Penanaman Modal-Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) menargetkan akan lebih menggencarkan sosialisasi tentang perizinan, khususnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB), baik rumah tinggal atau rumah untuk usaha.
Suhariono, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal-Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar pada Selasa (14/03), mengatakan bahwa dari total bangunan di seluruh Kota Blitar, yang sudah mengantongi IMB masih sekitar 35% saja. Kemungkinan besar masyarakat belum merasa membutuhkan IMB, sehingga enggan mengurusnya. Selain itu diprediksi, karena mereka kesulitan dalam menggambar bangunan. Sementara meminta bantuan ke tenaga arsitek mahal.
Untuk itulah Suhariono mengaku tetap mengagendakan sosialisasi tentang perizinan pada tahun ini. Difokuskan untuk 10 kelurahan, diantaranya Kelurahan Karangtengah, Blitar, Tanjungsari, Plosokerep dan lain-lain. Pada kegiatan itu nanti, juga disampaikan terkait dengan kewajiban bagi masyarakat yang memiliki usaha termasuk kos-kos an, untuk mengurus izin usaha, tentunya setelah mengantongi IMB. Selain itu akan dibantu dalam proses menggambar bangunan.
Lebih lanjut Suhariono menambahkan, biaya pengurusan IMB sangat terjangkau, semisal untuk IMB rumah tinggal biaya sekitar 125 hingga 200 ribu. IMB rumah usaha seperti ruko ukuran 4x20 meter sekitar 3 hingga 5 juta rupiah. Sementara IMB rumah ibadah dan kantor pemerintah gratis.(ram)

 

DInas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan terpadu satu pintu

Post Terkait

Tinggalkan Komentar